Tempat-Tempat Rekreasi dan artikel yang mengangkat tentang curug, pantai, gunung dan tempat-tempat rekreasi lainnya.

Curug Aleh Bandung

Artikel terkait : Curug Aleh Bandung

Curug Aleh Bandung - Curug Aleh adalah nama sebuah air terjun di kawasan Sarijadi Bandung.  Curug ini dikenal angker. Banyak cerita mistik dipetik dari lokasi ini. Selain itu curug ini kerap dijadikan arena ajang ngalap ilmu.

Tak banyak yang mengetahui keberadaan curug ini hal ini dikarenakan lokasinya berada di kawasan hak milik orang lain.  Meski begitu, kawasan air terjun Curug Aleh tidak tertutup untuk umum. Siapapun boleh masuk ke kawasan yang kini menjadi milik perupa Nyoman Nuarta itu. Hanya saja, orang tidak bisa dengan bebas keluar masuk kawasan ini. Apalagi sejak beberapa tahun ke belakang, di sekitar curug ini menjadi bengkel pembuatan patung raksasa Garuda Wisnu Kencana. Patung inilah yang kemudian berdiri dengan megahnya di Pulau Dewata Bali.

Hulu aliran air terjun ini berasal dari kaki Gunung Tangkuban Parahu di Lembang dan mengalir membentuk aliran sungai Cibeureum. Uniknya, walaupun terjadi krisis air akibat kemarau panjang, curug ini tak pernah kering.  Ketinggian curug ini sekitar 7-10 m dengan kedalaman sungainya bekisar 70-100 cm

Legenda

Sebutan Aleh, diambil dari nama seorang tokoh di sana pada zaman dulu. Ia mati saat bertapa di curug itu. Jasadnya tak pernah ditemukan. Konon, tokoh sakti itu diambil penghuni keraton gaib yang ada di sekitar Curug.

Adanya keraton gaib itu, tak lepas dari kisah seorang lelaki bernama Aleh. Dia adalah tokoh Sarijadi yang dikenal memiliki kesaktian. Hobinya berkelana memperdalam ilmu kebatinan. Suatu ketika, Aleh bertapa di sekitar curug. Banyak orang di sekitar curug yang tahu perbuatan Aleh bertapa. Namun sampai sekian waktu, Aleh tak pernah terlihat lagi di kampung. Bahkan keluarganya pun tidak tahu keberadaan Aleh.

Warga Sarijadi ketika itu berupaya mencari Aleh kalau-kalau ia terjatuh ke dasar curug. Namun sampai berhari-hari lamanya, Aleh tak ditemukan. Sampai-sampai pihak keluarga dan masyarakat menyatakan Aleh telah hilang. Sejak itulah muncul desas-desus bila tubuh Aleh diambil oleh penghuni keraton gaib di sana.
   
Lokasi

Terletak di Desa Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Kotamadya Kota Bandung, Jawa Barat.

Sumber : https://sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-barat/curug-aleh---sarijadi---bandung


Artikel Tempat-Tempat Rekreasi Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Tempat-Tempat Rekreasi | Design by Bamz